itbonict

My writing about Science and Technology

Menulis dengan Huruf Hijaiyah

with 12 comments

! أهلا و سهلا في هذا الموقع

Ingin menulis tulisan berbahasa Arab di blog atau saat chatting, misalnya? Anda dapat memanfaatkan online virtual keyboard yang dapat Anda temukan di beberapa situs di Internet!

Beberapa situs tersebut di antaranya:

Dalam tutorial kali ini, penulis akan membahas penggunaan virtual keyboard pada situs arabic-keyboard.org.

Sekilas Melihat Layout Papan Ketik

Sudah pernah mencoba mengetik tulisan Arab dengan papan ketik QWERTY? Hal tersebut memang dapat dilakukan, seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini,

Skema Arabic pada Papan QWERTY

Tampilan Arabic pada Papan QWERTY

Mari kita coba latihan. Bila Anda ingin menuliskan tulisan berikut,

العربية

(baca: al ‘arobiyyah — bahasa Arab)

maka Anda harus mengetikkan: h-g-u-v-f-d-m (huruf kecil). Untuk tulisan lain, silahkan Anda coba-coba mengikuti panduan gambar layout di atas.

Mengetik dengan Arabic-Keyboard.org

Lain halnya dengan layout pada papan-papan ketik QWERTY, tampilan huruf Arab pada papan ketik virtual arabic-keyboard.org memiliki perbedaan — yang membuatnya mudah digunakan untuk mereka yang terbiasa menggunakan huruf dan ejaan latin. Perhatikan gambar berikut,

Mari kita coba lagi tulisan Arab yang telah dicoba tadi,

العربية

Berbeda dengan sebelumnya, untuk mendapatkan tulisan tersebut kita harus mengetikkan: a-l-3-r-b-y-h-. Bagaimana, lebih mudah diingat dan digunakan, kan? Perlu diperhatikan bahwa untuk dapat menulis tulisan Arab dengan huruf-huruf latin tersebut, Anda harus mengaktifkan fitur “Letter Transliteration“.

Ada kelebihan lain yang dimiliki oleh situs buatan Ahmad Ismail ini, yaitu fitur pembubuhan tanda baca (fathah, kasrah, tasydid, dsb). Contohnya seperti berikut,

اللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةِ

Selain menggunakan keyboard, Anda juga dapat menggunakan mouse — yaitu dengan cara meng-klik tombol-tombol yang terdapat pada papan virtual. Namun, cara ini penulis rasakan cukup melelahkan dibanding dengan menggunakan keyboard — antara mengetik dan meng-klik. :P

Demikianlah penjelasan sederhana mengenai teknik menulis menggunakan huruf Arab — hijaiyah.

Selamat berkreasi!

About these ads

Written by Arya Bima

September 28, 2008 at 7:37 pm

Posted in Tutorials

12 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. kalo bahasa arabnya ndak tau bagaimana?
    ehem, bisa tulisin nama saya pakai aksara arab?

    nuhun

    irfan

    September 28, 2008 at 11:35 pm

    • Irfan dan Arfan dalam bahasa arab = عرفان
      (diawali huruf ‘ain). Sama halnya dengan Arif, Umar, Amir, Ammar, Amru dan Imran.

      A_Zawawi

      August 2, 2009 at 3:32 pm

      • Hehe, kirain itu bukan dari bahasa Arab.. :P
        Sip, kang!

        زهير

        September 15, 2009 at 9:25 pm

  2. Ya belajar bahasa Arab, lah.. :P
    Atau nanya teman aja yang lebih tahu.

    Namamu: إرفان حبيبي

    Lihat juga komentar saya di blog @ITB..

    زهير

    September 29, 2008 at 12:38 am

  3. [...] Demikianlah tutorial yang dapat penulis berikan. Setelah fitur Arabic ini aktif, tentu selanjutnya banyak dari Anda yang akan bertanya: bagaimana menggunakan layout Arabic ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penjelasan singkat dan cukup sederhana dapat Anda lihat di tulisan penulis yang lain dengan judul “Menulis dengan Huruf Hijaiyah“. [...]

  4. makasih2 infonya…
    btw, kalo mw nulis simbol2, bikin persamaan matematika gitu untuk di web, gimana caranya? thx b4

    زهير: Ada beberapa cara itu, tapi pada umumnya script dari si formula/persamaan diubah ke dalam bentuk gambar (GIF/PNG), kemudian ditampilkan.

    Silahkan jalan-jalan ke sini,
    http://mazack.org/unix/tex2png.php
    http://www.andy-roberts.net/misc/latex/

    Ntar dibuatkan tutorial juga deh gimana langkah2-nya, insya’a Allah..

    rira

    October 22, 2008 at 10:08 am

  5. wow gw baru tahu ning ada ketik arab ol, thanx infonya, tapi menurut gw, menjadikan kita manja, apa2 dengan mesin, lebih bangga hasil tangan sendiri, ya ga sih, ok, gw terinspirasi n mau mosting ni artikel dengan bahasa yang berbeda, ok
    salam

    ofa ragil boy

    February 4, 2009 at 1:01 am

    • Eh, maksudnya apa tuh,

      “menjadikan kita manja, apa2 dengan mesin. Lebih bangga hasil tangan sendiri..”

      :?:

      زهير

      June 21, 2009 at 8:23 am

  6. Artikel yang bagus.
    Mo koreksi dikit nih (bukan sok tau loh)
    اللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةِ
    yang bener adalah اللُّغَةُ الْعَرَبِيَّةُ
    huruf terakhir didhommah, bukan kasroh.
    Keep smangat. Salam kenal

    A_Zawawi

    August 2, 2009 at 3:35 pm

  7. oya, kalo di buku-buku itu koq tulisan سبحانه وتعالى sama عليه السلام bisa disingkat dengan simbol. Gimana ya tuh caranya?

    Ahsan

    May 10, 2011 at 2:18 am

  8. Kalo AGUNG SATRIA bisa gak kang? :D
    mohon bantuannya kang?

    Agung Satria

    June 17, 2011 at 8:34 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: